Kecepatan akses adalah bagian utama dari kiat tersendiri untuk
memaksimalkan penggunaan Internet. Pada saat kita melakukan browsing, sedikit banyak pasti kita pernah mengalami
satu permasalahan, misalnya kecepatan, keamanan ataupun yang lainnya.
Untuk menghindari beberapa masalah tersebut, ada baiknya jika anda mempunyai
kiat atau tips tersendiri saat melakukan browsing Internet.
Mungkin dengan tips - tips di bawah ini bisa membuat anda berselancar nyaman di Internet.
1. Pengaturan Cache
Manfaatkanlah Drain cache, mungkin saja langkah ini belum pernah
dilakukan. Karena pada saat anda mengunjungi salah satu halaman web,
data tersebut selalu disimpan pada sebuah cache (penyimpan data
sementara) pada hard disk. Kemudian bila anda membuka kembali halaman
tersebut, maka data tersebut akan selalu ditambahkan pada cache, dan
browser akan menampilkan halaman cache yang lebih bagus dari dibanding
melakukan copy download dari web server.
File cache tadi akan dieksekusi, sebelum terhubung dengan server dari
halaman web tersebut bila pada halaman web tersebut sedang sibuk.
Setelah dapat mengakses maka halaman tersebut akan ditambahkan di dalam
cache.
Untuk mengosongkan cache pada Netscape communicator :
- Klik preferences dari menu edit,
- Buka advanced category, sorotilah sub kategori cache.
- Kemudian klik tombol clear memory cache dan clear disk cache.
Untuk pengguna microsoft internet explorer (IE),
- Pilih menu tool, pilih Internet options.
- Pada kota dialog, pilih general page tab,
- Klik tombol delete files.
2. Penggunaan History
Pada data halaman web yang terdapat pada cache, yang mana di dalamnya
tersimpan rekaman daftar nama dan URL (universal resource locator;
Internet address) di setiap site yang dikunjungi. Anda bisa juga
menggunakan daftar history untuk kembali secara langsung pada site
tersebut.
Untuk meng-clear-kan daftar history list pada communicator
- Klik edit, pilih preferences, sorot navigator category,
- Klik tombol clear history.
Sedangkan pada internet explorer
- Klik tools, pilih internet options,
- Pilih general tab dan klik tombol clear history.
Bisa juga dilakukan seting history agar tetap menyimpan data selama beberapa waktu sesuai dengan kebutuhan.
3. Time Out
Banyak ISP (internet service providers) yang menggunakan system
monitoring untuk otomatisasi disconect dial-up connections. Hal ini
dilakukan ISP untuk memuat pesan yang terbaru setiap 20 menit. Pesan
tersebut bisa berita ataupun e-mail. Bila anda tetap aktif, biasanya
akan terjadi pemisahan (disruptive) antara site yang aktif tersebut
dengan site yang telah direvisi ISP setiap 20 menit sekali. Dengan
begitu anda selalu melakukan refresh.
Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menset aplikasi e-mail agar melakukan checking setiap 10 atau 15 menit sekali.
Pada communicator,
- Buka kotak dialog preferences, double-click kategori mail & newsgroups.
- Sorot sub kategori mail servers.
- Buat keneksitas mailpada filed incoming mail servers.
- Kemudian klik tombol edit.
- Pada kotak dialog selanjutnya, klik check-box check for mail every-minutes.
- Set untuk selalu mencek setiap 10 atau 15 menit.
Pada IE bisa men-setting pada dialog box options dan cari pilihan check for new masseges every-minutes.
Pada microsoft outlook, carilah pada mail delivery tab, pada dialog box options.
Untuk microsoft internet mail, setting dapat dilakukan di dalam read tab pada dialog box options.
4. Keamanan
Paa netscape dan microsoft biasanya menawarkan securiy protection,
dimana keduanya juga mensupport standar security dan proteksi pada saat
online. Misalnya anda meng-klik tombol security yang berada di dalam
toolbar communicator’s standard buttons untuk mencari site yang asli,
bila halaman tersebut merupakan cache lokal maka halaman tersebut akan
di update berikut spesifikasi site yang lain. Klik tombol tersebut
dimana anda melakukan transaksi secara online.
Untuk internet explorer, anda bisa melakukan setting konfigurasi
security. Anda bisa memilih dari low, medium-low, medium, dan high
setting security, untuk mendapatkan full security anda bisa memilih
setting high, bila tidak ingin menggunakan full security, anda bisa
menggunakan setting low dan medium.
5. Manfaatkan Bookmark
Untuk meningkatkan efesiensi pada saat online, anda bisa menggunakan
katalog dan memindahkan bookmark yang berisi web site favorit di dalam
folder tertentu. Untuk membuat sebuah folder bookmark di dalam
communicator, klik icon bookmarks pada toolbar location dan pilih edit
bookmarks dari menu pop up.
Pada kotak dialog bookmarks, bukalah menu file pilih new folder.
Isilah nama dari folder tersebut dan provide di dalam kotak dialog
bookmark properties.
Sedangkan untuk membuat bookmark pada internet explorer, bukalah menu
favorites, klik organize favorites. Pada kotak dialog selanjutnya, klik
tombol create folder, isi nama folder, klik close.
6. Proteksi
Usahakan setiap masuk situs tertentu anda harus melengkapi sebuah
user name dan password. Untuk memasukkan sebuah pass word dan username
memang sangat mudah, dimana anda tinggal mengetikkan saja. Biasanya
sebuah system bekerja dengan bagus untuk melakukan proteksi pada data.
Tetapi yang lebih penting adalah bila anda memasukkan juga data-data
lain yang lebih penting, seperti nomor credit card. Gunakanlah sebuah
password yang unik, seperti menggabungkan atau mengkombinasikan antara
hurup besar dan kecil serta angka, guna mendapatkan proteksi yang
maksimal.
7. Start Up
Aturlah aplikasi internet pada posisi default, untuk menghindari
kekacauan pada saat start up aplikasi internet. Bila anda menggunakan
netscape communicator, bisa dilakukan setting konfigurasi aplikasi
e-mail, calendar, atau HTML guna membuka aplikasi secara default. Pada
dialog box preferences, sorot categori appearances, dan anda akan
melihat satu daftar aplikasi communicator yang ditampilkan pada area on
startup launch. Pilih option navigator pada default. Untuk merubahnya,
klik option navigator untuk men-deselectnya, klik option yang anda
iginkan (messenger, composer, atau calendar) sebagai aplikasi internet
default, klik OK. Sekarang anda telah membuat satu aplikasi default
untuk internet.
8. Menambah Toolbar
Pada internet explorer, user diijinkan untuk menambahkan tombol pada
toolbar standar, dimana pada toolbar tersebut terdapat tombol yang
menjadi default untuk standart toolbar, seperti, back, forward, stop,
reload, dan print.
Untuk menambahkan tombol tersebut, anda bisa melakukan, right-click
pada area toolbar yang kosong, pilih customezi pada pop up menu.
Kemudian akan ditampilkan dialog box customize toolbar, pilihlah
tombol yang sering atau yang selalu anda butuhkan, klik close. Bila anda
ingin mengembalikan seperti semula (setting default toolbar), klik
tombol reset.
9. Menghindari Spam
Spam? Mungkin itu adalah yang paling tidak disukai pada saat membuka
e-mail. Meskipun sekarang banyak software-software untuk menghilangkan
spam, tetapi belum juga nampak tingkat efektiftasnya. Cara yang paling
mudah adalah dengan menggunakan dua alamat e-mail.
Anda bisa saja membuat banyak e-mail, tetapi mungkin bisa
membingungkan anda sendiri. Sebaiknya gunakanlah alamat e-mail sebagai
alternatif. Misal untuk e-mail pertama ana menggunakan seperti pada
Yahoo (http://www.yahoo.com/), excite (http://www.excite.com/), atau GO.
Com (http://www.go.com/).
Gunakanlah alamat e-mail yang kedua untuk berhubungan dengan siapa
saja, tanpa terkecuali. Dan pasti pada alamat e-mail yang kedua akan
banyak sekali terdapat spam. Untuk alamat e-mail yang utama, gunakanlah
untuk berhubungan dengan teman, relasi, atau siapa saja yang anda
percaya.
10. Akses Mobile
Dengan menggunakan perlengkapan yang bagus, anda bisa mengakses web
dari mana saja. Karena saat ini sebagian besar web site telah
memanfaatkan dan melengkapi dengan teknologi wireless, seperti pada
yahoo mobile (http://mobile.yahoo.com/wireles/home) atau MSN mobile
(http://mobile.msn.com/). Dengan teknologi wireles berarti anda bisa menghubungkan cellular phone, pager, laptop, notebook, tablet atau pengendali komputer lainnya untuk mengambil informasi yang anda butuhkan.
0 komentar:
Posting Komentar